"Profil Bisnis Google" Nama Baru Google Bisnisku

 Google Bisnisku telah banyak membantu pemilik usaha untuk mempromosikan usahanya di platform Google.

Mulai dari menawarkan produk/jasa, mudah ditemukan oleh pelanggan pada Google Pencarian dan Google Maps, memudahkan pelanggan berkomunikasi dengan usaha, hingga membantu usaha menjadi terkenal dengan jumlah dan nilai rating ulasan.

Pada awal bulan November 2021, Google mengumumkan penggantian nama Google My Business (Google Bisnisku), menjadi Google Business Profile (Profil Bisnis Google).


Apa Beda Google Bisnisku Dengan Profil Bisnis Google?

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok antara Google Bisnisku dengan Profil Bisnis Google. Manajemen profil bisnis tetap bisa dilakukan, hanya beda pada cara penggunaan.

Banyak pemilik usaha mengelola bisnis dengan layanan Google Bisniku, baik versi aplikasi Android dan iOS, serta versi web. Kedepan untuk pengelolaan akan dilakukan pada Google Pencarian dan Google Maps

Cara Mengelola Profil Bisnis Google

Sampai dengan artikel ini saya tulis. Pengelolaan profil bisnis paling mudah dilakukan pada Google Pencarian. Sebelumnya saya sudah membuat artikel Edit Google Bisnisku Langsung Dari Google Pencarian.

Pertama-tama, pastikan mengakses Google Pencarian dengan akun Google yang digunakan untuk mengelola profil bisnis.

Kemudian pada pencarian ketik query dengan nama usaha. Hasil pencarian akan menampilkan nama usaha disertai dengan hak akses untuk mengelola. 

Bagaimana Nasib Layanan Google Bisnisku?

Ada rencana dari Google untuk menghentikan layanan Google Bisnisku pada tahun 2022.

Dikutip dari blog.google:

Ke depannya, sebaiknya bisnis kecil mengelola profil mereka langsung di Penelusuran atau Maps. Untuk mempermudah, "Google Bisnisku" diganti namanya menjadi "Profil Bisnis Google". Dan pada tahun 2022, kami akan menghentikan aplikasi Google Bisnisku agar lebih banyak penjual dapat memanfaatkan pengalaman yang ditingkatkan di Penelusuran dan Maps. Pengalaman web Google Bisnisku yang ada akan bertransisi terutama untuk mendukung bisnis yang lebih besar dengan beberapa lokasi, dan akan diganti namanya menjadi “Pengelola Profil Bisnis”. Kami akan membagikan detail selengkapnya tentang perubahan ini dalam beberapa bulan ke depan.

Jadi, mulai dari 4 November 2021. Transisi Pengelolaan Profil Bisnis Google dapat dilakukan melaui Google Pencarian.

Sedangkan untuk aplikasi Google Bisnisku belum ada kabar kapan mulai dihentikan. KIta tunggu saja info dari Google.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama