Desa Sukolilo, Wajak, Sentra Rumput Taman atau Hias di Malang

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak adalah salah satu sentra rumput taman di Malang.

Kita dapat melihat mayoritas disetiap rumah warga lahan kosong untuk membudidayakan rumput taman.

Mulai dari teras depan rumah, pekarangan samping kanan kiri bahkan belakang rumah digunakan untuk membudidayakan rumput taman.

Tentang Desa Sukolilo

Desa Sukolilo berada di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Bila mengacu dari pasar Wajak, 2 kilometer ke barat jalan utama arah krebet. Kemudian ke selatan kurang lebih 3,5 kilometer.

Mata pencaharian warga didominasi oleh perkebunan tebu yang sudah dilakukan secara turun temurun. Didukung oleh adanya pabrik gula Krebet (PG Krebet) di Bululawang. Sehingga memudahkan distribusi tebu ke pabrik gula untu pengolahan lebih lanjut.

Meskipun didominasi oleh perkebunan, masyarakat juga berternak sapi atau kambing sebagai pendukung ekonomi.

Budidaya Rumput Taman

Ketika mengunjungi salah seorang teman di Desa Sukolilo. Saya melihat sepetak lahan yang awalnya kira adalah lapangan sepak bola dengan rumput yang sangat bagus.

Coba bertanya kepada teman bagus juga lapangan di samping rumahnya. Ternyata jawaban teman saya itu adalah budidaya rumput taman. Saya amati sekitar rumah lainnya benar adanya, hampir setiap rumah warga membudidayakan rumput taman.

Dari informasi yang diperoleh dari teman, saya coba untuk mengeksplor lebih dalam tentang budidaya rumput taman ke salah seorang warga.

Kebetulan ada warga yang sedang melakukan pembibitan rumput dan membersihkan gulma di teras depan rumah. Saya coba bertanya lebih dalam tentang rumput taman.

Berdasar penuturan warga, warga sudah mulai budidaya rumput sejak tahun 1980-an, bahkan kemungkinan dapat lebih lama lagi.

Karena minimnya informasi dari warga tahun berapa pastinya mulai budidaya rumput taman dimulai. Siapa pelopor budidaya rumput taman juga masih belum jelas.

Rumput dari warga dijual ke pengepul untuk lanjut di jual di Pasar Splendid, Kota Malang . Selain itu juga pengepul mengambil rumput warga untuk dijual karena adanya pesanan banyak dari pembeli.

Terkadang juga ada pembeli yang datang langsung untuk membeli rumput dari warga untuk di gunakan sendiri atau dijual kembali.

Dari informasi yang saya peroleh, harga rumput di warga dijual dengan harga Rp 8000 per meter. Harga ini bisa naik atau turun kurang lebih Rp 2000 tergantung harga pasar.

Jenis Rumput

Dari pengamatan saya, jenis rumput yang dibudidayakan di Desa sukolilo ada rumput peking dan rumput gajah (tidak semua saya amati).

Rumput Peking

Rumput ini bentuknya mirip dengan rumput pada umumnya, yaitu bentuknya yang panjang dan runcing.

Rumput Gajah

Jenis rumput ini mudah dikenali karena bentuk daunnya yang lebar. Banyak digunakan sebagai rumput hias untuk taman.

Rumput Gajah memiliki jenis lain yaitu Rumput Gajah Mini, Rumput Gajah Mini Putih dan Rumput Gajah Besar

Bagi yang sedang mencari refernsi membeli rumput taman atau hias, Desa Sukolilo dapat menjadi referensi. Karena dapat membeli langsung ke petani rumput. Pastinya dengan harga yang cukup murah daripada harga di pasar.

Bila tidak ingin jauh-jauh ke lokasi, dapat membeli di Pasar Splendid, Kota Malang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama