Edit Google Bisnisku Langsung Dari Google Pencarian


Saya akan sedikit membagikan tips sederhana untuk mengedit profil listing Google Bisnisku dengan menggunakan Google Pencarian.

Google Pencarian dengan porsi pengguna global mencapai 85% populasi, menjadikan Google sebagai mesin pencari yang banyak digunakan. Ingin mencari informasi cukup dengan bertanya pada "Mbah Google".

Dengan jumlah pengguna yang sangat besar, google terus berinovasi agar mesin pencarinya memudahkan pengguna dalam mencari informasi di internet.

Termasuk ditujukan kepada pemilik usaha saat menemukan profil usaha pada hasil pencarian. Tidak hanya menampilkan informasi usaha, tetapi juga kemampuan untuk mengedit informasi profil bisnisnya.

Apakah bisa mengedit profil listing Google Binsisku melalui Google Pencarian?

Jawab: Bisa.

Google pada update Google Bisnisku Agustus 2020, meluncurkan fitur yang mana pemilik bisnis dapat langsung mengedit profil bisnisnya dari Google Pencarian.

Dengan update ini, pemilik usaha dapat langsung mengedit profil bisnis tanpa harus login pada Google Bisnisku aplikasi maupun web dekstop. Sangat mudah dan cepat, hanya dengan menggunakan Google Pencarian.

Berikut langkah-langkahnya

Langkah-langkah mengedit profil listing Google Bisnisku dari Google Pencarian

1. Login Google Pencarian dengan akun yang mengelola Google Binsisku

Saya menyarankan untuk meggunakan browser Google Chrome untuk pengguna dekstop. Sedangkan bila menggunakan aplikasi Google Pencarian.

Pastikan sudah login dengan akun yang sama digunakan untuk mengelola Google Bisnisku. Cek akun pada bagian kanan atas Google Pencarian.

Cari nama bisnis pada kolom pencarian Google.

Baca juga: Tutorial Mendaftar Google Bisnisku

2. Edit profil yang ingin diperbaharui

Pada hasil pencarian, muncul nama bisnis yang dikelola. 

Klik atau tap "Edit Profil". Ada 3 profil yang dapat diperbaharui langsung:

  • Informasi Bisnis: mengedit informasi bisnis sama seperti mengedit  tempat sebagai Local Guide. Informasi yang dapat diedit adalah nama bisnis, kategori, alamat dan koordinat, situs web, link janji temu, link pemesanan.
  • Jam: untuk jam dapat diedit jam reguler operasional buka tutup bisnis. Serta jam khusus perubahan jam operasional.
  • Menu: khusus untuk bisnis makanan dan minuman akan di arahkan ke Google Bisnisku untuk mengedit menu

    3. Simpan dan lihat hasilnya

    Setelah memperbarui profil bisnis, jangan lupa untuk menyimpan perubahan.

    Perubahan tidak otomatis merubah informasi. Google akan melakukan verifikasi terhadap perubahan informasi. Bila informasi dinilai Google benar, maka tidak akan membutuhkan waktu lama perubahan akan tampil pada hasil pencarian.

    Untuk waktu perubahan umumnya kurang dari 5 menit. Tapi untuk melihat hasil perubahan saya menyarankan setelah 10 menit. Hal ini dikarenakan setelah perbaruan, browser tidak otomatis mengambil data dari internet. Kemungkinan data yang diambil datap berasal dari cache browser.

    Baca juga: Optimasi Google Bisnisku Part 1 - Melengkapi Profil Bisnis

    Kesimpulan

    Dengan update kecil pada Google Pencarian, pemilik bisnis dapat langsung merubah profil bisnisnya secara cepat pada hasil pencarian tanpa harus masuk pada Google Bisnisku aplikasi atau web.

    Hanya saja perubahan yang dapat dilakukan tergolong perubahan data dasar bisnis mulai dari profil, jam operasional, menu atau layanan (tergantung kategori bisnis).

    Menurut saya, memperbarui jam operasional dan menu/layanan yang sangat bermanfaat karena dua informasi ini yang secara dinamis berubah-ubah. Untuk jam yang sering berubah adalah jam khusus, karena jam khusus ini sanat kondisional pada operasional bisnis. Sedangkan untuk profil utama jarang dilakukan perubahan. 

    Berikut video singkat tentang pengeditan bisnis langsung dari Google Pencarian dan Maps Sumber Channel Youtube Google My Business

    1 Komentar

    Lebih baru Lebih lama