Sponsored Content

Google Bisnisku: 9 Kunci Listing Yang Berkualitas Anti Ditangguhkan / Suspend

DigiSinc Google Bisnisku Anti Ditangguhkan Suspended

Pada akhir tahun 2020 kemarin, banyak listing Google Bisnis yang ditangguhkan. Penangguhan listing dikarenakan kualitas listing yang buruk. Sehingga, untuk menghindari terjadinya kualitas listing yang buruk, terdapat ketentuan-ketentuan yang harus pemilik bisnis ketahui

Pertanyaanya adalah, apa saja faktor-faktor kualitas listing pada Google Bisnisku?

Apakah titik koordinat harus tepat? Nama bisnis yang panjang disertai kata kunci?

Berikut akan penulis jelaskan apa saja faktor-faktor dari kulitas listing Google Bisnisku yang baik

Faktor-faktor yang menentukan kualitas listing Google Bisnisku

Dalam membuat listing Google Binsisku, banyak pemilik memberikan informasi yang terkesan dilebih-lebihkan dengan harapan listing bisnisnya muncul pada rangking teratas Lokal SEO. Mulai dari nama bisnis yang ditambahi dengan kata kunci, alamat yang mudah diketahui pelanggan menghiraukan aturan dalam mengisi alamat.

Penulis akan membedah bagaimana membuat listing yang berkulitas yang dijamin anti ditangguhkan (suspend)

1. Nama Bisnis

Gunakan nama bisnis yang sesuai dengan nama bisnis nyata, seperti yang nama yang tercantum pada banner, situs, media promosi atau yang diketahui pelanggan. Dengan menggunakan nama yang sesuai akan memudahkan pelanggan dalam menemukan bisnis pada platform Google.

Jangan gunakan nama bisnis dengan tambahan kata kunci, karena akan dianggap sebagai spam.

Contoh:

Benar: Ahmad Accu

Salah: Ahmad Accu Toko Aki Buka 24 jam

2. Alamat

Selalu gunakan alamat listing yang akurat untuk memudahkan pelanggan menemukan bisnis. Bila bisnis berada di dalam tempat lain gunakan alamat fisik tempat kemudian diikuti dengan lokasi bisnis anda

Contoh: 

Benar: Jl. Melati No, 10, Taman Jajan Al-Fatih Melati no. 1

Salah: Jl. Melati, Seberang Masjid XXX

3. Nomor telepon

Nomor telepon yang digunakan adalah nomor telepon lokal bukan nomor telepon pusat layanan atau call center. Dapat tersambung langsung dengan tempat bisnis. Bila nomor telepon yang digunakan nomor ponsel, jangan lupa untuk selalu memperbaharui nomor bila ada dilakukan penggantian nomor.

4. Situs web

Link situs web yang dicantumkan mengarahkan langsung ke situs resmi bisnis. Untuk bisnis kecil yang tidak memiliki situs web dapat menggunakan situs web gratis dari Google. Untuk situs web jangan mencantumkan link yang mengarah ke halaman media sosial dan landing page.

5. Jam Buka

Menggunakan jam buka reguler, yakni jam buka tutup bisnis yang secara rutin. Misal bisnis buka setiap hari senin - sabtu jam 10.00-20.00, tutup dihari minggu. Bila ingin menutup bisnis pada hari tertentu, dapat menggunakan pengaturan pada jam khusus. Jam khusus umumnya digunakan pada tanggal libur nasional atau pemilik bisnis menutup bisnisnya dikarenakan ada keperluan lain sehingga tidak dapat operasional.

6. Kategori

Kategori membantu pelanggan menemukan bisnis yang diminati serta menjaha bisnis tetap akurat dan aktif. Usahakan dalam mengisi kategori menggunakan kategori dengan jumlah seminimal mungkin. Gunakan kategori yang benar-benar mewakili bisnis inti. Hal-hal yang patut diperhatikan adalah hindari mengisi kategori untuk menembak kata kunci atau spamming.

7. Menu

Terdapat dua jenis menu yaitu: menu untuk bisnis makanan dan minuman yang berisi lengkap daftar menu yang disedikan dan menu untuk bisnis jasa seperti tukang cukur, spa, bengkel kendaraan yang  mencamtumkan lengkap daftar layanan. Menu harus benar-benar mewakili item atau layanan yang disediakan. Link menu berupa link yang mengarahkan ke daftar menu. Hindari penggunaan link menu yang mengarahkan ke layanan pemesanan atau layanan pengiriman pihak ketiga. Kalau di Indonesia jangan mengarahkan link menu ke layanan pesan antar makanan seperti Gofood, Grab Food atau lainnya.

8. Bisnis bercabang

Untuk bisnis bercabang, usahakan nama bisnis dan kategori konsisten. Yang membedakan setiap cabang adalah alamat bisnis.

Contoh:

Nama bisnis: Mie Gacoan

Kategori: Restoran Mie

Alamat: Jl. Jakarta No.16, Penanggungan, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65113

Nama bisnis: Mie Gacoan

Kategori: Restoran Mie

Alamat: Jl. Kendalsari Barat No 18, Tulusrejo, kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65142

9. Praktisi individual

Adalah profesional yang berhubungan dengan masyarakat, seperti dokter, pengacara, perencana keuangan, agen properti atau asuransi. Untuk listing praktisi individual dapat menggunakan namanya sebagai nama bisnis disertai dengan sertifikasi jabatan atau gelar. Ketentuan untuk praktisi individual pembuatan listing harus dilakukan sendiri, sedangkan staf pendukung tidak boleh membuat listing. Dapat dihubungi secara langsung oleh pelanggan.

Contoh: 

Nama bisnis: Drg Nanik Mur

Kategori: Dokter Gigi

Kesimpulan

Itulah tadi langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga listing pada Google Bisnisku terhindar dari suspend atau penangguhan. Hindari tindakan spamming dengan menambahkan informasi penuh dengan kata kunci.

Dengan menjaga akurasi informasi listing yang diberikan kepada pelanggan. Membuat bisnis layak menjadi referensi untuk dikunjungi.

Bila anda adalah pemilik bisnis, mulailah melakukan perubahan kecil dengan memberikan informasi yang akurat atau bersiap-siap listing pada Google Bisnisku untuk di suspend

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama