Sponsored Content

Mengukur Performa Listing Dengan Data Insight

Sudah mengelola Google Bisniku dan ingin mengetahui sejauh mana progres bisnis anda atau performa bisnis? Tidak perlu khawatir, Google menyediakan data performa bisnis anda  dalam insight. Seperti apa insight dalam Google Bisnisku? Yuk kita pelajari bersama.

Daftar isi

  • Kesimpulan
  • Tentang Google Bisnisku data insight

    Google bisniskku menyediakan tool untuk melihat performa listing bisnis yang ditampilkan pada menu insight (versi website), sedangkan pada aplikasi insight dapat dilihat pada menu beranda paling atas sendiri. Secara umum data insight yang disajikan adalah dilihat, dicari dan aktivitas. Secara umum insight bisa disamakan dengan analitis, tetapi dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Bagi mereka yang memiliki media sosial untuk bisnis pasti sudah mengetahui seperti apa data insight yang disajikan.

    Data Insight yang disajikan

    Secara umum data insight yang disajikan Google Bisnisku adalah :

    DigiSinc Google Bisnisku Insight Secara Umum
    Data insight secara umum
    dilihat: seberapa banyak listingan anda ditemukan pada layanan Google

    dicari: seberapa banyak listingan anda ditemukan pelanggan, baik secara langsung sudah mengetahui merek bisnis anda maupun tidak langsung 

    aktivitas: setelah pelanggan menemukan listing bisnis anda, apa yang mereka lakukan. Mulai melihat foto, menghubungi nomor telepon, mengunjungi situs web dan meminta petunjuk arah.

    Dari ketiga data insight di atas, Google merinci detail data insight pada menu "insight" pada Google Bisnisku versi web (dekstop) atau pada "lihat laporan" pada Google Bisnisku versi aplikasi. Berikut adalah detail penjelasan insight yang penulis kutip dari dukungan Google.

    1. Cara pelanggan menemukan Profil Bisnis Anda

    Data insight ini berupa diagram doughnut yang menampilkan data sebarapa banyak listing ditemukan oleh pelanggan. Untuk detail data ini dibagi menjadi:

    DigiSinc Google Bisnisku Insight Penelusuran Bisnis
    Data insight penelusuran pelanggan
    Penelusuran langsung: pelanggan sudah mengetahui merek anda dan mencari langsung sesuai merek bisnis anda.

    Penelusuran penemuan: pelanggan tidak mengetahui merek bisnis anda, mencari berdasar kategori, produk dan layanan yang anda tawarkan. Lebih mudahnya mencari berdasar kata kunci.

    Penelusuran bermerek:  penelusuran ini berdasarkan saran dari Google saat pelanggan melihat bisnis lain. Bisnis anda ditampilkan pada bagian terbawa dari listing bisnis lain pada "orang juga mencari"

    Penelusuran total: merupakan total dari penelusuran langsung, penemuan dan bermerek. Secara default Google menampilkan data selama 28 hari kebelakang. Anda dapat melihat dalam rentang 7 hari, 1 bulan dan 1 kuartal (3 bulan berturut-turut).

    2. Kueri pencarian

    Kueri pencarian adalah kata kunci yang digunakan oleh pelanggan untuk menemukan bisnis anda. Google akan menampilkan kata kunci/kueri pencarian yang paling banyak digunakan. Kebanyakan kata kunci yang ditampilkan berhubungan dengan bisnis anda, jangan kaget ada juga kata kunci yang "nyleneh" yang ditampilkan.

    Mulai November 2020, Google memindahkan kueri pencarian pada pelaporan performa.

    Catatan: kueri pencarian hanya dapat dilihat pada Google Bisnisku versi web (dekstop)

    3. Dimana pelanggan menemukan bisnis anda di Google

    Data insight ini berupa grafik yang menjelas seberapa banyak dan sering listingan anda dilihat oleh pelanggan pada layanan Google. Untuk rincian data ini sebagai berikut:

    DigiSinc Google Bisnisku Insight Tampilan Bisnis
    Data insight pelanggan melihat bisnis
    Lihat di Penelusuran: pelanggan menemukan bisnis anda melalui layanan Google Penelusuran yang ditampilkan sebagai "Tampilan Penelusuran"

    Lihat di Maps: pelanggan menemunkan bisnis anda melalui layanan Google Maps yang ditampilkan sebagai "Tampilan  Maps"

    Tampilan total: merupakan total tampilan dari tampilan penelusuran dan tampilan maps. Sama seperti penelusuran secara default data yang ditampilkan adalah 28 hari kebelakang. Anda juga dapat melihat data dalam rentang waktu 7 hari, 1 bulan dan 1 kuartal

    4. Tindakan pelanggan

    Menunjukkan perilaku pelanggan setelah menemukan listing anda di Google. Tindakan pelanggan ditunjukkan dengan grafik jumlah pelanggan yang menyelesaikan jenis tindakan berikut saat melihat listing bisnis anda:

    DigiSinc Google Bisnisku Insight Tindakan Pelanggan
    Data insight tindakan pelanggan

    Kunjungan situs: pelanggan mengunjungi link situs web yang ditampilkan pada profil listing

    Panggilan telepon: pelanggan mengklik tombol penggilan telepon pada profil listing

    Tampilan foto: pelanggan melihat koleksi foto yang di unggah pada listing, 

    Permintaan rute: pelanggan mengklik tombol rute untuk meminta penunjuk arah dari posisi pelanggan 

    Total aktivitas: total aktivitas dari kunjungan situs web, panggilan telepon, tampilan foto dan Permintaan rute

    5. Permintaan petunjuk arah

    Bagian ini menunjukkan jumlah seberapa banyak pelanggan yang meminta rute ke bisnis anda. Permintaan rute merekan lokasi pelanggan saat menekan tombol "rute/direction". Data yang ditampilkan pada pada insight menunjukkan peta Google Maps berdasar lingkungan pelanggan. Menurut penulis, lingkungan yang ditampilkan berdasar kode pos serta kota.

    6. Panggilan telepon

    Bagian ini menunjukkan seberapa banyak pelanggan menghubungi nomor telepon yang dicantumkan dengan menekan tombol "panggilan/call". Data yang ditampilkan berupa grafik tren panggilan berdasar hari dan waktu

    DigiSinc Google Bisnisku Insight Panggilan Telepon
    Data insight panggilan telepon

    7. Foto

    Bagian ini menunjukkan jumlah foto yang ditampilkan terkait bisnis anda. Data yang ditampilkan berupa grafik perbandingan foto yang di unggah oleh pemilik dan pelanggan dengan foto dari bisnis serupa.

    DigiSinc Google Bisnisku Insight Jumlah Foto Yang Diungga
    Data insight jumlah foto yang diunggah

    Selain jumlah foto yang diunggah, juga ditampilkan data perbandingan grafik instensitas foto yang dilihat oleh pengguna antara foto bisnis anda dengan bisnis serupa. 

    DigiSinc Google Bisnisku Insight Tampilan Foto
    Data insight tampilan foto

    8. Jam favorit

    Data ini menunjukkan tingkat keramaian bisnis anda pada jam tertentu pada masing-masing hari. menurut penulis data ini dikumpulkan Google dengan kunjungan secara fisik ke lokasi bisnis anda. Google tidak menampilkan insight jam favorit pada semua kategori bisnis. Kebanyakan bisnis restoran, kafe, kedai kopi dan tidak menutup kemungkinan kategori bisnis lain yang secara nyata banyak dikunjungi pelanggan dengan intensitas tinggi.

    DigiSinc Google Bisnisku Insight Jam Favorit
    Data insight menunjukkan waktu paling ramain

    Selain melihat jam favorit melalui insight Google Bisnis, juga dapat melihat jam favorit pada listing di Google Penelusuan dan Google Maps secara realtime. Dengan ditampilkannya insight pada kedua platform tersebut diharapkan memberikan informasi kepada pelanggan untuk mengetahui jam sibuk. Sehingga pelanggan dpaat merencanakan jam kunjungan ke tempat bisnis anda. Selain tingkat keramaian, juga di informasikan durasi seberapa lama pelanggan mengahabiskan waktu pada lokasi bisnis anda.

    DigiSinc Google Bisnisku Jam Favorit Pada Google Maps
    Jam favorit pada aplikasi Google Maps

    9. Apa yang terkenal dari bisns Anda

    Data insight ini memberikan opini secara subyektif dari pelanggan tentang restoran atau cafe berdasarkan pengalaman masing-masing pelanggan. Contohnya adalah "cocok untuk grup, santai, nyaman".

    DigiSinc Google Bisnisku Insight Yang Terkenal Dari Bisnis
    Data insight yang terkenal dari bisnis
    pengambilan data ini mengacu pada pertanyaan yang diajukan Google kepada pelanggan yang mengunjungi bisnis atau mengklik listingan pada Google Maps aplikasi dan memberikan informasi yang diketahui oleh pelanggan

    Kesimpulan

    Data insight yang disajikan Google Bisnisku sangat bermanfaat bagi pemilik usaha dalam memonitor performa listing bisninya di platform Google. Semoga dengan adanya insight ini membantu pemilik bisnis dalam mengembangkan usaha secara nyata, misalnya data dapat digunakan untuk acuan dalam pembuatan program promo ataupun untuk rencana bisnis kedepan.

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama