Sponsored Content

Optimasi Google Bisnisku part 2 - Menggunakan Fitur Postingan Untuk Menarik Minat Pelanggan

Google My Business bisa posting seperti sosial media? 

Benar, GMB memiliki fitur posting layaknya media sosial untuk memberitahu info terbaru dari tempat bisnis. Hanya saja postingan yang ada di GMB terdapat keunikan  seperti: hanya memberikan info terbaru, menginformasikan promo terbaru, rencana acara yang akan diadakan atau sekedar posting foto carousel. Postingan juga ditambah tombol ajakan (CTA) yang dapat digunakan untuk mengarahkan pengguna ke link halaman yang menginformasikan detail postingan lebih lengkap.

Ketentuan dalam membuat postingan pada GMB

Dalam membuat postingan pada GMB, ada aturan-aturan yang harus dipatuhi agar postingan dapat diterima oleh Google. Di kutip dari dukungan google my business, berikut adalah aturan dalam pembuatan postingan

  1. Pastikan postingan berkualitas tinggi: Hindari salah ejaan, karakter yang menarik perhatian, konten nonsens, dan konten otomatis atau mengganggu.
  2. Pastikan postingan tetap sopan: Hindari kata-kata, gambar, atau video yang cabul, tidak sopan, atau menyinggung.
  3. Hanya posting link ke situs yang Anda percayai: Link yang mengarah ke malware, virus, phishing, atau materi pornografi tidak diizinkan.
  4. Barang dan layanan yang diatur: Jika menawarkan produk atau layanan dalam industri yang diatur, Anda diizinkan untuk menggunakan postingan tetapi tidak dapat memposting konten yang terkait dengan produk tersebut. Industri yang diatur biasanya mencakup layanan khusus dewasa, alkohol, tembakau, dan produk farmasi, narkoba, alat kesehatan & medis, layanan terkait perjudian, kembang api, senjata, dan layanan keuangan.
  5. Buat postingan yang cocok untuk keluarga: Jangan memposting konten yang menjurus ke seksual atau konten seksual vulgar.
Sumber: support.google.com

Cara membuat postingan Google My Business

Membuat postingan dapat dilakukan melalui web browser (dekstop) atau aplikasi smartphone. Bila menggunakan web browser, setelah masuk ke dashboard bisnis pilih menu sebelah kiri atas, kemudian pilih postingan.

Sedangkan bila menggunakan aplikasi smartphone, anda dapat membuat postingan dari menu "Beranda/Home", kemudian di kanan bawah tap tombol "tambah", pilih tipe postingan apa yang ingin anda tampilkan. Ada 6 tipe postingan yang bisa anda buat,

  1. Postingan info terbaru: Beritahu pelanggan anda apa yang baru dari bisnis anda. Postingan ini mirip kita posting di media sosial.
    DigiSinc GMB Postingan Info Terbaru
    Postingan Info Terbaru

  2. Postingan promo atau penawaran: Punya promo yang ingin dibagikan kepada pelanggan. Google memiliki template postingan promo yang lengkap: judul, deskripsi, masa promo, kode promo, sampai syarat dan ketentuan.
    DigiSinc GMB Postingan Penawaran
    Postingan Penawaran

  3. Postingan acara atau event: Misal bisnis cafe anda akan mengadakan acara live musik. Tinggal bikin postingan untuk template acara.
    DigiSinc GMB Postingan Acara
    Postingan Acara


  4. Postingan COVID-19 (baru dirilis pada masa awal pandemi COVID-19): dengan postingan ini anda dapat menginformasikan kepada pelanggan, perubahan apa yang terjadi pada bisnis anda selama pandemi COVID-19
    DigiSinc GMB Postingan COVID-19
    Postingan COVID-19

  5. Postingan foto dan video: Anda juga dapat posting berupa gambar dan video dengan tampilan carousel dengan penambahan caption sampai 80 karakter. Fitur postingan dengan caption hanya terdapat di versi aplikasi smartphone.
    Penjelasan lebih dalam dapat membaca 7 Pedoman Posting Foto Yang Bagus
  6. Posting produk: Bila bisnis anda memiliki produk barang, anda dapat langsung menambahkan katalog produk, sekaligus menjadi postingan yang disampaikan pada pelanggan
    DigiSinc GMB Postingan Produk
    Postingan Produk

  7. Perubahan jam buka (baru dirilis pada masa awal pandemi COVID-19): Bila anda merubah jam buka, otomatis aka menjadi postingan yang menginformasikan perubahan jam operasional
  8. Postingan penawaran selamat datang: Anda juga dapat membuat postingan bertipe penawran/promo hanya saja untuk tipe postingan ini mentarget menarik pengikut. (Hanya terdapat pada versi aplikasi smartphone)
    Postingan Penawaran Selamat Datang

Kunci dalam menulis postingan Google My Business

  1. Jenis postingan: Apakah postingan Anda menginformasikan sebuah acara? Tawaran atau promosi terbatas oleh waktu? Apakah ada berita yang ingin Anda bagikan? Pertimbangkan isi postingan yang Anda inginkan — apakah mendorong pelanggan untuk mengunjungi toko Anda, menjual sesuatu, atau mengumumkan fitur baru.
  2. Foto / video: Ambil foto resolusi tinggi yang memperkuat pesan Anda sehingga postingan Anda menonjol.
    • Foto: Foto harus sederhana, langsung, dalam fokus, dan cukup cahaya, dengan warna yang cerah dan terang. Foto harus memiliki resolusi minimum lebar 400px dengan tinggi 300px, dalam format JPG atau PNG. 
    • Video: Kami menerima format file berikut untuk video: AVI, MP4, MOV, FLV, WMV, MPG, M4V, MKV, M2TS, dan MTS. Ukuran maksimum untuk video adalah 100 MB.
  3. Judul (jika postingan adalah sebuah acara): Jelaskan acara Anda dalam 4-5 kata. Anda dapat menggunakan maksimal 58 karakter untuk judul.
  4. Detail selengkapnya: Informasikan tawaran/acara dengan jelas. Anda dapat menggunakan hingga 1.500 karakter untuk detail postingan, namun panjang idealnya adalah antara 150-300 karakter.
  5. Pesan ajakan (CTA): Sertakan petunjuk seperti “Beli”, “Pesan online”, “Pelajari lebih lanjut”, “Telepon”, atau “Kunjungi".

Membuat postingan yang bagus

Untuk membuat posttingan bagus ada hal-hal yang harus dilakukan
  • Harus akurat: 3 hal apa saja yang perlu diketahui pelanggan Anda? Apa yang Anda ingin mereka ingat, berapa, dan kapan?
    “Happy Hour! Milkshake separuh harga dari pukul 17.00-18.00 setiap Jumat."
     
  • Lakukan secara personal: Tunjukkan nilai yang dijunjung tinggi bisnis Anda:
    “Kafe Pizza Mike mencintai keluarga, dan untuk menunjukkan rasa cinta kami, semua anak bisa makan gratis di akhir pekan ini!”
     
  • Beri tahu pelanggan apa yang dapat mereka lakukan. Apakah Anda menjual sebuah produk? Beri tahu pelanggan cara membelinya.
    "Harga tiket berkisar antara Rp600.000 - Rp1.600.000, dan dapat dibeli di resepsionis mulai pukul 12.00 WIB hari ini."
     
  • Perjelas hal-hal yang menjadikan bisnis, produk, atau tawaran Anda unik. Banyak pilihan? Pengiriman gratis? Beri tahu semua orang:
    "Gratis ongkos kirim untuk pesanan di atas Rp50.000."
     
  • Tepat waktu  gunakan titik jual utama atau item populer sebagai hook (penarik) untuk postingan Anda:
    “Lebaran hampir tiba. Diskon 30% untuk semua sandal.”
     
  • Pastikan untuk menyertakan petunjuk penukaran, kode unik, atau pembatasan untuk tawaran atau penjualan:
    "Diskon Rp10.000 untuk pembelian sebesar Rp50.000 atau lebih. Diskon 50% untuk pakaian wanita tertentu."
     
  • Gunakan singkatan untuk hari dan bulan, dan jangan gunakan titik agar postingan Anda memiliki lebih banyak ruang:
    Jan, Feb, Mar... Sen, Sel, Rab ...
     
  • Jam disingkat seperti berikut ini:
    09.00, 17.00, 12.00, 00.00
yang tidak boleh dilakukan
  • Jangan gunakan bahasa gaul komersial:
    “PAHE: diskon 50% untuk sepatu olahraga pria.”
     
  • Jangan gunakan tanda seru yang berlebihan atau semua ditulis dengan huruf besar:
    “DISKON gila-gilaan hari ini!!!”
     
  • Jangan sertakan lebih dari 1 tema atau tawaran dalam 1 pesan:
     "Kopi dan teh separuh harga mulai pukul 15.00-18.00 setiap Jumat, dan beli 6, dapatkan 1 donat gratis di hari kerja."
     
  • Jangan buat promosi dengan terlalu banyak pengecualian:
    "Diskon 10% untuk menu sandwich baru. Tidak berlaku untuk menu spesial makan siang."
Postingan bagus untuk menginformasikan berita terbaru dari bisnis kita. Saran penulis tulis postingan secara berkala bisa 1 minggu 1 kali, 2 kali, 3 kali atau lebih bagus setiap hari. Semakin sering menulis postingan kemungkinan untuk peringkat Local SEO juga akan meningkat. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama