Sponsored Content

Optimasi Google Bisnisku Part 1 - Melengkapi Profil Bisnis

GMB Listing di Google Penelusuran
Artikel ini merupakan seri awal dari optimasi Google Bisnisku (Google My Business). Sebagai awal, optimasi akan berfokus pada melengkapi profil dasar yang diminta Google. 

Setelah bisnis terverifikasi dan muncul di platform Google Map dan Google Penelusuran. Saatnya listing dioptimasi agar tampil menonjol saat ada pengguna Google mencari. Jangan jadikan listing hanya sekedar titik penunjuk rute, sekedar sudah ada di Google Map, Tapi gunakan sebagai media untuk mempromosikan produk/jasa kepada pengguna Google.

 Apa yang harus dilakukan agar bisnis kita menonjol saat pengguna Google mencari?

Jawab, yang paling sedeharna adalah melengkapi profil bisnis. Semakin banyak dan akurat profil bisnis, semakin banyak infromasi yang diberikan kepada pengguna Google.

Melengkapi Profil Bisnis
Melengkapi Profil Bisnis
Google memberlakukan skor kelengkapan profil. Semakin lengkap atau tinggi skor kelengkapan profil, maka meningkatkan peluang bisnis kita muncul teratas di lokal pencarian (Local SEO). Contoh gambar diatas adalah bisnis yang sudah mengisi Nama Bisnis, Kategori dan Alamat. Jadi terdapat kurang lima poin yang harus dilengkapi

1. Tambahkan jam buka

Seperti yang sudah penulis bahas sebelumnya pada pembuatan listing/pendaftaran Google My Business. Jam buka harus diisi akurat secara nyata jam berapa bisnis beroperasi bisa dikunjungi oleh pelanggan. Jam buka  disini adalah jam buka reguler setiap hari.

2. Info kontak

Mencantumkan info kontak disini adalah nomor telepon yang dapat dihubungi oleh pelanggan. Nomor telepon yang dapat dicantumkan sampai tiga nomor telepon

3. Tambahkan nama pendek profil

Ini profil apalagi? Nama pendek dengan simpbol "@ (at)" yang digunakan di GMB mirip dengan simbol @ pada media sosial yang mengarah pada ID pengguna. Nama pendek juga merupakan uniqeue ID yang hanya dimiliki oleh bisnis tersebut. 

Ketentuan pembuatan nama pendek adalah maksimal panjang karakter adalah 32 karakter, tidak boleh menggunakan spasi, bila nama pendek tidak tersedia dikarenakan nama pendek sudah digunakan jadi gunakan nama pendek seunik mungkin, untuk penggantian nama pendek hanya dapat dilakukan 3 kali penggantian dalam kurun waktu satu tahun. Saran penulis gunakan nama pendek untuk penggunaan jangka panjang.


4. Tambakan deskripsi

Deskripsi menceritakan hal-hal yang fokus tentang bisnis anda misal: hal yang anda tawarkan, yang membedakan dengan bisnis lain, riwayat bisnis atau hal-hal lain yang berguna bagi pelanggan.Penulisan deskripsi dibatasi sampai 750 karakter.

Contoh:  Kami adalah toko es krim independen yang terletak beberapa langkah dari pusat kota dan bangga menjadi favorit penduduk setempat untuk berkumpul dengan teman sambil menikmatinya, atau memesan pizza hangat yang diantar langsung ke rumah mereka. Kami menghadirkan 35 rasa es krim dan sorbet buatan sendiri sepanjang tahun, dan oven pizza kami memproduksi pizza gaya New York, setiap hari mulai tengah hari sampai waktunya tutup. Ayo kunjungi kami sekarang juga.

 Yang dilarang dalam penulisan deskripsi:

  • Menyesatkan pengguna . Jangan memberikan informasi yang tidak akurat atau salah tentang bisnis Anda atau layanan dan produk yang ditawarkan.
  • Menamp ilkan konten berkualitas rendah, tidak relevan, atau mengganggu . Misalnya, salah ejaan, penggunaan karakter yang menarik perhatian, konten nonsens, dll.
  • Berfokus pada promosi khusus, harga, dan diskon . Contoh konten yang tidak diizinkan mencakup, "Semuanya diskon, -50%" dan "Roti terbaik di kota seharga Rp5.000!"
  • Menampilkan link . Link jenis apa pun tidak diizinkan.
  • Menampilkan konten yang menyinggung atau tidak pantas :
  • Konten pelecehan, penindasan, atau kebencian. Konten yang dipublikasikan tidak boleh mendorong kebencian atau menghasut untuk melakukan tindak kekerasan terhadap seseorang atau kelompok tertentu berdasarkan asal etnis, agama, disabilitas, jenis kelamin, usia, status veteran, orientasi seksual, atau identitas gender.
  • Konten yang berisi kata-kata yang cabul, tidak sopan, atau menyinggung.
  • Konten teroris. Kami tidak mengizinkan organisasi teroris menggunakan layanan ini untuk tujuan apa pun, termasuk perekrutan. Kami juga melarang keras konten yang terkait dengan terorisme, seperti konten yang mempromosikan tindakan teroris, memicu kekerasan, atau merayakan serangan teroris. Jika Anda memposting konten yang terkait dengan terorisme untuk tujuan pendidikan, dokumenter, ilmiah, atau artistik, berikan informasi yang cukup agar audiens dapat memahami konteksnya.
  • Konten yang menjurus ke seksual atau vulgar. Konten dilarang menyertakan caci maki, istilah gaul yang menyinggung dan bersifat seksual vulgar, istilah-istilah yang umum digunakan oleh pedofilia, konten yang mempromosikan pedofilia, bestialitas, kekerasan seksual, atau konten yang mempromosikan layanan pendamping (escort) atau layanan lain yang dapat dianggap menyediakan aktivitas seksual dengan imbalan.
  • Menampilkan konten yang dilarang:
  1. Jangan mengupload konten yang terkait dengan penjualan produk atau layanan berbahaya dan ilegal.
  2. Jangan mengupload konten yang mengeksploitasi atau melecehkan anak-anak.

(Sumber: support.google.com)

5. Tambahkan logo

Menampilkan logo sebagai identitas bisnis yang meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Ketentuan logo: 
  • File JPG atau PNG
  • Ukuran file: 10KB sampai 5 MB
  • Gambar persegi aspek rasio 1:1
  • Resolusi minimal 250 piksel
  • Resolusi rekomendasi 720 piksel
Nah. itu tadi pengoptimalan dasar dengan melengkapi profil dasar listing pada GMB. Untuk artikel berikutnya penulis tetap akan berokus pada optimasi profil bisnis, tetapi dengan materi yang membahas Optimasi Google Bisnisku part 2 - Menggunakan Fitur Postingan Untuk Menarik Minat Pelanggan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama