Sponsored Content

Cara Memverifikasi Listing Google Bisnisku

Setelah membuat listing Google My Business. Listingan yang baru saja anda buat tidak otomatis muncul di Google pencarian atau Google Map. Agar dapat muncul dihasil pencarian Google diperlukan proses verifikasi.

Mengapa listing perlu diverifikasi?

Dikutip dari dukungan Google verifikasi untuk memastikan keakuratan bisnis di Google. Verifikasi juga melindungi anda dari pihak tidak bertanggung jawab yang mencoba mengaku-ngaku sebagai perwakilan bisnis anda. Menurut penulis verifikasi bertujuan memastikan bahwa informasi bisnis yang didaftarkan di Google My Business benar-benar nyata.

Status Verifikasi Google My Business

Bagaimana cara memverifikasi listing Google My Business?

>Proses verifikasi dengan memasukkan beberapa digit "kode angka" yang dikirimkan oleh Google di halaman verifikasi.

Memasukkan Kode Verifikasi Google Bisnisku

Langkah pertama anda hanya perlu mengklik tombol "Verfikasi sekarang". Anda akan di arahkan ke halaman metode verifikasi yang diminta Google. Menurut penulis ada beberapa metode yang bisa digunakan.

1. Verifikasi Melalui Kartu Pos 

Ini adalah metode verifikasi yang paling umum digunakan oleh Google. Google ingin memastikan bisnis anda benar-benar ada secara nyata berdasar alamat yang anda isikan saat pendaftaran Google My Business. Google bekerjasama dengan jasa ekspedisi pengiriman di setiap negara untuk mengirimkan kartu pos yang berisi kode verifikasi.

Verikasi Google My Business Melalui Kartu Pos

Anda akan diminta untuk mengisikan nama dan nomor telepon penerima. Setelah itu akan tinggal menunggu kedatangan kartu pos. Google juga akan menginformasikan perkiraan waktu pengiriman.

Dari pengalaman penulis, waktu yang dibutuhkan untuk mengirim kartu pos antara 3 - 14 hari. Metode ini adalah metode yang sangat menyebalkan, karena bisa saja kartu pos tidak pernah datang. Selama proses menunggu kartu pos datang, saran penulis jangan merubah informasi bisnis. Karena bila melakukan perubahan informasi bisnis, kode verifikasi yang anda ajukan sebelumnya menjadi tidak berlaku dan harus mengajukan kode verikasi baru

Note: Masa valid kode verifikasi yang melalui kartu pos adalah 30 hari sejak pengajuan untuk dikirim.

2. Verifikasi Melalui Telepon atau SMS 

Metode verifikasi ini hanya berlaku pada bisnis tertentu. Bila muncul verifikasi dengan metode ini, anggap saja anda beruntung dapat meverifikasi melalui telepon atau SMS karena proses ini hanya butuh waktu beberapa menit. 

Untuk panggilan telepon,  anda tunggu sebentar akan ada panggilan masuk dan "mesin penjawab otomatis" (bukan manusia) akan menyampaikan kode verifikasi. Kalau SMS sangat mudah, seperti kita mendapat kode SMS OTP.

Saran penulis harap berhati-hati bila ada seseorang mengaku dari Google yang akan membantu verifikasi bisnis anda, Google tidak pernah:

  • menagih Anda untuk layanan apa pun terkait pencantuman GMB;
  • tanyakan kata sandi Anda, kode verifikasi atau informasi pribadi lainnya;
  • tawarkan untuk meningkatkan listingan GMB Anda.
Verifikasi Google My Business Melalui Telepon SMS

3. Verifikasi Melalui E-Mail

Metode verifikasi melalui e-mail juga berlaku hanya pada ketegori bisnis tertentu. Jika bisnis Anda memenuhi syarat, Anda akan melihat opsi "Verifikasi melalui email" saat Anda memulai proses verifikasi.

Sebelum mengklik "Verifikasi sekarang", pastikan bahwa email yang ditampilkan di layar verifikasi sudah benar dan anda memiliki akses ke sana. 

Verifikasi Google My Business Melalui E-mail

Setelah itu, buka kotak masuk e-mail anda dan temukan email dari Google Bisnisku. Anda akan menemukan kode verifikasi di dalamnya bersama dengan link ke halaman GMB tempat Anda dapat mengaktifkannya.

4. Instan Verifikasi

Menurut penulis metode ini adalah metode yang sangat instan. Kita tidak perlu memasukkan kode verifikasi yang dikirim melalui 3 metode diatas. Benar-benar instan (langsung terverifikasi) setelah kita menyelesaikan pendaftaran atau listing GMB.

Metode ini menggunakan alamat website yang anda masukkan saat pendaftaran GMB. Ada kriteria yang harus dipenuhi

  • website yang didaftarkan sudah terverifikasi di Google Search Console (GSC)
  • akun email yang digunakan harus sama antara akun email yang digunakan di GSC dan GMB

Metode ini tidak 100% berhasil, ada kemungkina kecil berhasil. Sebenarnya, ini adalah masalah seberapa besar kepercayaan Google terhadap bisnis. 

Jika anda memiliki bisnis baru atau bisnis yang hampir tidak memiliki kehadiran online, kecil kemungkinan anda dapat memverifikasi bisnis anda secara instan.

5. Verifikasi Massal (Bulk Verification)

Bila anda memiliki banyak lokasi bisnis (bisnis bercabang/bisnis dengan banyak outlet) dengan jumlah 10 lokasi atau lebih dapat mengajukan verifikasi massal. Karena banyaknya ketentuan untuk verifikasi massal, penulis akan mebahasnya diartikel tersendiri. Mohon ditunggu untuk artikel lebih lengkapnya.

Selain 5 metode verifikasi tadi, sebenarnya ada metode lain, meminta bantuan trusted verifier (mulai akhir 2019 sudah tidak aktif dan mulai 2020 berganti menjadi Google My Business Provider), verifikasi dengan video call dan verifikasi dengan bantuan bantuan "Pakar Produk". Dikarenakan penulis masih minim informasi terkait metode verifikasi tadi serta cakupan negara juga terbatas jadi penulis belum bisa menjelaskan detail informasinya. Mohon dimaklumi.

Dari beberapa metode verifikasi yang penulis jelaskan, kesimpulannya adalah Google menggunakan verikasi menggunakan kartu pos untuk memastikan bisnis benar-benar nyata. Metode verifikasi melaui telepon SMS serta e-mail hanya berlaku pada bisnis tertentu yang dinilai Google layak. Beruntung bila bisa dapat menggunakan metode tersebut. Sedangkan untuk verifikasi instan dan verifikasi massal ini metode yang cukup rumit.

Berikutnya penulis akan menjelaskan pembuatan listing melalui Google Map sebagai alternatif pembuatan listing dari GMB.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama