Sponsored Content

Optimasi Google Bisnisku Part 3 - Berinteraksi Dengan Pelanggan

Listing yang ada pada Google Maps dan penelusuran tidak hanya sebagai pemberi informasi kepada pegguna/pelanggan tentang bisnis anda. Sedangkan bagi pemilik bisnis juga tidak sekedar sebagai media sosial yang hanya posting. Tetapi dapat menjadi media interaksi antara pengguna dengan pemilik bisnis.


Bangun bisnis anda dengan membangun interaksi kepada pelanggan

Google bisnisku menyediakan tool yang memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dengan pemilik bisnis. Tidak hanya nomor telepon yang diperoleh pengguna, terdapat interaksi lain yaitu memberikan rating dan review, chating/perpesanan bahkan sampai mem-follow bisnis layaknya follow pada media sosial.

Selalu perbarui nomor telepon

Nomor telepon yang berada di profil bisis pastikan selalu up to date, Ini adalah cara yang mudah bagi pelanggan untuk menghubungi pemilik bisnis.

Balas ulasan yang diberikan pelanggan

Pelanggan yang sudah memberikan rating (penilaian) dan review (ulasan) jangan diabaikan. Membalas ulasan berarti pemilik bisnis peduli dengan ulasan yang diberikan pelanggan. Ulasan juga akan menjadi rekomendasi bagi pengguna lain saat membaca ulasan bisnis.

DigiSinc Google Bisnisku Balas Ulasan
Membalas Ulasan

Penulis banyak melihat dimana pemilik bisnis hanya merespon rating yang rendah dan ulasan yang terkesan negatif, atau pemilik bisnis merespon ulasan dengan kalimat yang sama, terkesan copy-paste (mungkin malas membalas ulasan pengguna). Hindari hal seperti ini, pengguna yang memberikan rating dan ulasan bagus kepada bisnis kita layak mendapat apresiasi dari pemilik bisnis karena pengguna sudah tidak langsung berkontribusi pada bisnis anda.

Baca juga: Mendapatkan Banyak Ulasan Dari Pelanggan

Cobalah untuk membalas ulasan pengguna dengan melihat fokus ulasan yang diberikan pelanggan. Contoh, bila pelanggan mengulas satu menu, kita dapat membalas dengan menawarkan menu lain yang menurut kita lebih enak.

Hati-hati dalam merespon ulasan negatif dari pelanggan. Karena ulasan dibaca oleh banyak pengguna, usahakan untuk merespon ulasan negatif dengan tenang

Gunakan fitur chat/pesan

Google bisnisku dilengkapi dengan fitur chat/pesan untuk interaksi antara pengguna dengan pemilik bisnis. Fitur ini hanya dapat diaktifkan melalui aplikasi Google Bisnisku. Pengguna akan menemukan tombol pesan pada bisnis anda baik pada Google Map maupun Google Penelusuran. Layanan pesan ini akan mengarahkan pengguna untuk memulai chat pada aplikasi Google Map. Sedangkan bagi pemilik bisnis, merespon pesan dilakukan melalui aplikasi Google Bisnisku.

Google Bisnisku Fitur Pesan
Google Bisnis Fitur Pesan

Catatan: fitur chat ini lebih personal antara pengguna dengan pemilik bisnis, berbeda dengan ulasan yang dilihat oleh banyak pengguna

Kita dapat mengaktifkan fitur pesan dan atur untuk pesan otomatis selamat datang selayaknya aplikasi perpesanan untuk segmentasi bisnis.

Ajak pelanggan menjadi follower

Follower di Google Bisnisku? Tidak hanya di media sosial yang memiliki fitur follower/pengikut. Google bisnisku juga terdapat fitur serupa tetapi lebih personal. Fitur follower ini hanya terdapat di aplikasi dan Google Bisnisku. Pemilik bisnis dapat mengetahui siapa saja yang menjadi follower bisnis. Sedangkan untuk pelanggan fitur follower ini hanya hadir di aplikasi Google Map.

DigiSinc Google Bisnisku Tombol Follow Google Maps Apps
Tombol Follow pada Aplikasi Google Map

Ajak pelanggan menjadi follower dengan postingan penawaran khusus follower. Bagaimana membuat postingan bisa dilihat pada  membuat Postingan penawaran selamat datang

Ajak pelanggan untuk menambahkan foto dan video

Selain mengajak untuk menjadi follower, pemilik bisnis dapat membagikan lokasi bisnisnya kepada pelanggan untuk memberikan foto seperti tempat (interior dan eksterior), menu, produk, bahkan video sehingga memperkaya konten tempat bisnis anda. 

Interaksi dengan pelanggan perlu dilakukan agar listing bisnis di Google Bisnisku menjadi hidup dan tumbuh. "Hidup dan tumbuh" artinya listing yang ada pada Google Maps tidak hanya sekedar titik penunjuk arah dan penawaran tetapi juga menjadi media penyampaian informasi dan interaksi antara pengguna dan pemilik bisnis. 

Dengan menerapkan prinsip "3R" yaitu, Rating, Review dan Recommendatio, secara tidak langsung pelanggan yang mengunjungi atau menggunakan jasa bisnis anda telah menjadi agen pemasaran untuk bisnis anda.

Artikel ini menjadi akhir dari seri optimasi Google Bisnisku. Berikutnya penulis akan menjelaskan membaca insight/wawasan lebih mudahnya disebut sebagai analytic untuk mengetahui performa dari bisnis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama