Sponsored Content

Alternatif Pembuatan Listing Google Bisnisku


Mendaftar listing GMB tapi sulit verifikasi karena kartu pos tidak datang-datang? Jadi, listing tidak muncul di platform Google Maps dan Google Penelusuruan. Padahal listing ingin segera digunakan untuk mendaftar layanan pemesanan online seperti, Go Food atau Grab Food atau untuk keperluan yang lain?

Pada artikel ini penulis akan membahas mendaftar atau membuat listing di platform Google sebagai alternatif pembuatan listing pada GMB. Untuk metode ini yang digunakan adalah Google Maps versi web browser atau aplikasi mobile. Tahapan - tahapannya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Akun Google Yang Digunakan.

Setelah membuka Google Maps versi web atau aplikasi mobile. yang pertama dilakukan adalah memastikan akun Google yang digunakan adalah akun Google untuk mengelola bisnis. Akun Google yang sedang digunakan atau aktif saat ini, bisa dilihat sebelah kanan atas.

2. Memastikan Koordinat 

Pasang pin penunjuk pada titik koordinat dimana bisnis berada. Untuk memudahkan penentuan titik dapat mengaktifkan citra satelit. Pastikan pemasangan titik koordinat seakurat mungkin.

3. Tambahkan Tempat

Bila titik koordinat sudah dirasa sudah benar klik titik untuk menampilkan pin lokasi. Lihat informasi yang ditampilkan, kemudian pilih "Tambahkan tempat".

Menambahkan Tempat Bisnis Pada Google Map

Pertanyaan: Bagaimana bila pada koordinat yang dipilih sudah ada bisnis lain?

Kondisi 1. Pastikan secara nyata apakah bisnis tersebut masih ada dilokasi atau tidak. Bila bisnis lain benar-benar tidak terdapat di Google Maps, klik bisnis tersebut kemudian "Sarankan Edit" untuk mengubah informasi bisnis kemudian "submit". Pilih "perubahan bisnis", pilihan ini akan menutup bisnis yang lama dilokasi tersebut dan membuat baru bisnis anda. Tetapi, bila bisnis masih ada secara nyata, tapi koordinat melenceng. Lakukan pengeditan untuk memperbaiki titik koordinat.

Kondisi 2. Bila pada koordinat tidak terdpat pin bisnis, pastikan dengna mengklik disekitaran koordinat untuk memastikan apakah ada bisnis yang tidak muncul. Bila terdapat nama bisnis lain, lakukan langkah-langkah seperti Kondisi 1. Setelah yakin tidak ada bisnis lain, "tambahkan tempat".

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi tumpang tindih pin lokasi bisnis.

4. Mengisi Informasi Bisnis

Isi formulir data bisnis milik anda, mulai dari 

Nama Tempat, isi dengan nama bisnis senyata mungkin. Nama bisnis sesuai dengan nama bisnis pada tampilan depan bisnis anda.

Kategori, isi kategori yang sudah disedikan oleh Google dengan kategori bisnis atau yang mendekati kategori bisnis anda.

Alamat, isi alamat seakurat dan senyata mungkin. Setelah mengisi informasi alamat, periksa kembali titik koordinat. Bila lokasi bisnis berada didalam tempat bisnis lain, misal: pusat perbelanjaan atau kawasan bisnis, tambahkan bahwa bisnis anda berada di dalam  bisnis lain.

Mengisi Data Tempat Bisnis Pada Google Map - 1

Jam Buka Tutup
, isi jam buka tutup seakurat mungkin agar dapat dikunjungi pelanggan.

Nomor Telepon, isi dengan nomor telepon yang dapat dihubungi oleh pelanggan.

Tanggal Buka, kapan bisnis anda mulai beroperasi.

Foto, anda dapat mengupload foto yang merepresentasikan bisnis anda. Mulai dari foto depan bisnis, kondisi ruangan, daftar menu atau produk.

Mengisi Data Tempat Bisnis Pada Google Map - 2

Submit data untuk ditinjau terlebih dahulu oleh Google

Tips: jangan melakukan "klaim bisnis anda" pada tahap ini, lakukan klaim bila pengeditan listing sudah diterima oleh Google. Bila melakukan "klaim" ditahap ini, akan diarahkan ke pembuatan listing di GMB.

5. Lihat Status Progress

Tempat yang ditambahkan tidak langsung diterima oleh Google. Lihat Statusnya pada "kontribusi anda" > "Edit". Status pengeditan:

PENDING / MENUNGGU KEPUTUSAN

APPROVED / DITERIMA

NOT APPLIED / TIDAK DITERIMA

Google juga akan mengirimkan e-mail pemberitahuan apakah pengeditan anda diterima atau tidak diterima.

6. Klaim Bisnis Anda

Pembuatan tempat yang diterima oleh Google, akan muncul pada Google Maps dan Google Penelusuran. Lakukan "klaim bisnis ini" untuk meverifikasi bahwa listing bisnis benar-benar milik anda. Untuk metode verifikais dapat dibaca pada halaman Cara Memverifikasi Listing Google Bisnisku

Kesimpulan

Metode pembuatan listing melalui Google Maps adalah metode alternatif untuk pembuatan listing bisnis dan metode ini secara tidak langsung paling banyak digunakan. Cara ini bertujuan agar anda dapat membuat tempat bisnis agar segera mucul di platform Google Maps dan Google Pencarian. Setelah listing muncul segera lakukan verifikasi untuk memastikan kepemilikan listing dan menggunakan fitur-fitur GMB. Berikutnya penulis akan jelaskan cara memaksimalkan bisnis di platform Google dengan Optimasi Google Bisnisku Part 1 - Melengkapi Profil Bisnis


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama