Berkenalan Dengan Google Bisnisku atau Google My Business (GMB)


Artikel ini adalah artikel pengantar tentang Google My Business. Untuk artikel-artikel berikutnya penulis akan membahas cara membuat listing di Google My Business, kiat-kiat untuk mengoptimalkan Google My Business dan hal-hal seputar Google My Business. Penulis akan lebih sering menuliskan Google My Business dengan GMB. Karena diforum Google My Business banyak yang menyebut Google My Business dengan akronim GMB.

Apa itu Google Bisnisku?

Mungkin dari pembaca sudah mengerti apa itu Google My Business atau Google Bisnisku (GMB). Bagi pembaca yang belum mengerti apa itu GMB, penulis akan jelaskan singkat apa itu GMB. Dikutip dari situs dukungan Google

Google Bisnisku adalah alat gratis yang mudah digunakan oleh bisnis dan organisasi untuk mengelola kehadiran di internet melalui Google, termasuk Penelusuran dan Maps. Untuk membantu pelanggan menemukan bisnis Anda dan menyampaikan kisah Anda kepada mereka.

Jadi GMB ini adalah alat yang diperuntukkan bagi pemilik bisnis untuk mengelola bisnisnya di platform Google Map dan Google Search (Pencarian). Pemilik bisnis mampu memperbaharui profil bisnis mulai dari jam buka tutup, memperbaiki alamat dan pin koordinat lebih akurat, menjawab ulasan yang diberikan pelanggan, posting foto dan artikel, bahkan menjawab pesan chat

GMB dapat diakses melalui web browser di alamat business.google.com atau berupa aplikasi mobile untuk android dan iOS.

Bagaimana cara kerja Google Bisnisku?

Google Bisnisku bekerja secara terintegrasi dengan platform Google Maps dan Google Penelusuran

DigiSinc Google Bisnisku How It Works?

Sebagai bagian input, pemilik usaha mengelola informasi bisnis mulai profil, postingan, foto, membalas ulasan, menawarkan produk dan layanan. Semua dilakukan melalui Google Bisnisku.

Sedangkan output berupa informasi yang diberikan kepada pengguna (disini pelanggan) saat melihat bisnis di platform Google Maps dan Google Search

Update November 2021: Google Bisnisku (Google My Business) berganti nama menjadi Profil Bisnis Google (Google Business Profile)

Apa Manfaat Google My Business (GMB)?

Dengan alat GMB pemilik bisnis mampu untuk:

1. Mengelola informasi bisnis

Mengelola informasi berarti pemilik bisnis memberikan informasi kepada pengguna Google saat orang-orang menemukan bisnis anda di Google Maps atau Google Penelurusan. Informasi disini berupa: nama bisnis, alamat, jam operasional, nomor telepon yang bisa dihubungi, situs web, serta profil atribut bisnis. Informasi ini yang dibutuhkan pengguna Google saat mereka menelusuri bisnis atau produk dan layanan yang  ditawarkan.

Tips: memberikan informasi yang akurat meningkatkan peluang pengguna Google menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Membantu pelanggan menemukan bisnis

Meningkatkan peluang bisnis ditemukan disaat pengguna mencari bisnis dengan memasukkan kata kunci yang berhubungan dengan nama, kategori, produk atau layanan yang di tawarkan. Hal ini dikarenakan Google Bisnisku yang terintegrasi dengan Google Maps dan Google Penelusuran membantu bisnis untuk tampil di hasil pencarian. 

3. Berinteraksi dengan pelanggan

Anda dapat membaca dan menanggapi ulasan dari pelanggan Anda. Membalas pesan chat yang dikirimkan pengguna. Posting foto yang menunjukkan apa yang Anda lakukan. Bisnis yang menambahkan foto ke Profil Bisnisnya menerima 42% lebih banyak permintaan petunjuk arah di Google Maps, dan 35% lebih banyak klik ke situs web mereka daripada bisnis yang tidak.

4. Pahami & perluas kehadiran bisnis

Temukan wawasan (insight/analytic) untuk mempelajari bagaimana pelanggan menelusuri bisnis Anda, dan dari mana mereka berasal. Anda juga dapat menemukan informasi seperti berapa banyak orang yang menelepon bisnis Anda langsung dari nomor telepon yang ditampilkan di hasil penelusuran lokal di Penelusuran dan Maps. 

5. Mudah dalam beriklan di Google Ads

Untuk menyebarkan berita tentang apa yang Anda tawarkan, Anda dapat membuat dan melacak performa kampanye pintar. Hal ini karena GMB langsung terintegrasi dengan layanan periklanan Google (Google Ads). Dengan mengikuti panduan yang sangat mudah dengan beberapa langkah sudah beriklan di platform Google

Kesimpulan

Google Bisnisku menjadi salah satu tools wajib selain media sosial yang digunakan pemilik usaha untuk mengembangkan bisnisnya secara online. 

Kebanyakan orang indonesia mencari sesuatu menggunakan "Mbah Google", menjadi peluang agar pengguna menemukan tempat bisnis. 

Nah, itu tadi perkenalan kita dengan Google Bisnisku atau Google My Business (GMB). Sebelum mendaftar Google Bisnisku, ada hal-hal yang harus melakukan. Apa saja    Persiapan Mendaftar Google Bisnisku ?


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama